Header Ads

Bawang Dayak Kering Rajangan atau Simplisia

Bawang Dayak Kering Rajangan atau Simplisia
Bawang Dayak Kering Rajangan atau Simplisia - Pembuatan simplisia umbi bawang berlian alias bawang dayak dengan cara pengeringan harus dilakukan cepat, memakai suhu yang tidak terlalu tinggi. Penggunaan suhu tinggi berakibat perubahan kimia pada kandungan senyawa aktifnya. Pada umumnya, suhu pengeringan adalah antara 40–60 derajat celsius dengan kadar air 10%. Bahan simplisia yang akan dikeringkan harus diatur ketebalan pemotongannya, sehingga diperoleh tebal irisan seragam dan tidak rusak selama pengeringan.

Karakteristik Bawang Dayak Kering Rajangan (Simplisia)

Hasil penelitian Nawawi dan kawan-kawan mengenai Isolasi dan identifikasi senyawa kuinon dari simplisia umbi bawang sabrang dari Sekolah Tinggi Farmasi Bandung pada 2007 menunjukan bahwa karakteristik simplisia bawang dayak memiliki kadar abu total 1,4%, 4,2% abu larut air, 1,7% abu tidak larut asam, 2,7% sari larut etanol, dan 2% sari larut air.

Selain itu, diperoleh hasil kadar air simplisia 6%, nilai tersebut memenuhi standar persyaratan kadar air simplisia secara umum yaitu kurang dari 10%. Hasil uji fitokimia simplisia bawang berlian alias bawang dayak memperlihatkkan hasil positif untuk alkaloid (endapan merah), kuinon (endapan merah kecoklatan), tanin (warna merah), flavonoid (endapan kuning), steroid atau triterpenoid (warna merah), dan hasil negatif pada saponin (tidak berbentuk busa).

Harga Bawang Dayak Kering Rajangan (Simplisia)

Disamping bawang dayak segar, kami juga menjual bawang dayak kering dalam bentuk rajangan (simplisia) dan serbuk (bubuk). Bawang dayak kering lebih awet dan tahan lama disimpan dengan khasiat yang tetap terjaga. Harga bawang dayak kering serbuk per 1 kg adalah Rp. 225.000,- sedangkan bawang dayak kering rajangan harganya Rp.195.000,-/kg. Jika anda berminat silahkan sms atau whatsapp ke

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.